Benjolan di Kepala dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai

Benjolan Di Kepala dan Penyebabnya - Benjolan.com,- Timbulnya Benjolan Di Kepala akan memicu kekhawatiran. Terutama bagi mereka yang tidak tahu penyebabnya. Banyak orang yang merasa takut terkena penyakit yang sangat parah. Ada berbagai kasus benjolan yang muncul, diantaranya adalah benjolan pada bagian belakang, atas dan umumnya terjadi pada bagian samping kepala. Benjolan ini umumnya tidak terasa sakit, jika ditekan maka akan terasa lembek dan seperti bisul padahal bukan bisul. Benjolan ini tidak akan hilang dalam waktu 1-2 hari, memerlukan waktu 4 hari baru bisa hilang.

benjolan di kepala

Benjolan di Kepala Penyebab dan Cara Mengatasinya

Faktor penyebab Benjolan Di Kepala diantaranya adalah folikulitis, yaitu peradangan pada folikel atau akar rambut. Peradangan ini biasanya yang menyebabkan benjolan, benjolan yang terjadi akan hilang dalam kurun waktu satu minggu. Benjolan inipun bisa terjadi pada area sekitar wajah jika penyebabnya infeksi dan atau iritasi dari bahan kimia. Faktor benjolan folikulitis sering dialami oleh para penderita diabetes, obesitas bahkan bagi mereka yang memiliki penyakit gangguan sistem imunitas.

Tumor tulang kepala, benjolan ini terjadi karena adanya pembelahan sel tulang yang tidak terkendali, akhirnya massa benda tulang menjadi menumpuk dan tampak seperti benjolan, jika diraba akan terasa keras, meskipun tidak berbaha dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun jika tidak segera dirawat akan menyebabkan infeksi dan bisa menyebar menjadikan tengkorak mengalami gangguan. Lebih bahayanya dapat membuat tengkorak kepala menjadi retak. Biasanya benjolan ini terjadi pada usia 10-20 tahun.

Faktor Benjolan Di Kepala yang selanjtunya adalah  kista dan lipoma, kista terjadi karena kantung sarap tertutup oleh organ lain, kista yang terjadi pada kepala diantaranya adalah kista demoid dan kista sebasa, benjolannya berisi rambut, kelenjar kulit dan beberapa gigi atau organ modifikasi lain dari kulit. Lipoma teksturnya seperti karet, terjadi karena ada pertumbuhan sel abnormal yang diisi oleh minyak-minyak, benjolan ini akan terasa sakit jika benjolannya semakin membesar, sebab terus menekan saraf. Faktor lainnya adalah kista, cedera kepala, kanker pada kepala, dan klasifikasi tulang.

Cara mengatasi Benjolan Di Kepala. Umumnya benjolan pada kepala yang tidak terasa sakit adalah jinak sehingga dapat sembuh dengan sendirinya asal. Tips yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, hindari tidur pada bantal yang sarungnya sudah lama tidak diganti, jika gatal jangan menggaruknya sampai luka,cukup usap saja, karena jika digaruk dan menimbulkan luka akan menyebabkan iritasi dan transfering bacteria.

Cara lainnya adalah dengan mengkompres, jika pada siang hari gunakan es dan pada malam hari gunakan air hangat. Jika benjolan tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu lebih dari seminggu anda harus mencukur rambut, setelah itu gunakan koyo. Jika belum juga sembuh maka segera lakukan pemeriksaan dan cek ultasound, biopso dan CT scan untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut.