Benjolan di Leher Penyebab dan Cara Mengatasinya

Benjolan Di Leher Penyebab dan Cara Mengatasinya - Benjolan.com,- Benjolan yang terdapat pada leher meskipun kecil akan sangat terlihat apalagi jika ukurannya sangat besar. Benjolan Di Leher biasanya bersipat tumor jinak dan tidak berubah menjadi kanker terkecuali jika penyebabnya karena yodium (baik kekurangan ataupun kelebihan). Meskipun begitu bisa saja hal tersebut berbahaya dan mengancam nyawa anda. Perlu diperhatikan mulai dari faktor penyebab sampai cara mengatasinya.

benjolan di leher

Benjolan Di Leher dan Penyebabnya

Faktor penyebab benjolan di leher. Setidaknya ada 12 penyebab, diantaranya adalah terdapatnya penyakit (kelainan medis) pada kelenjar getah bening, kelenjar ludah, kelainan pada arteri dan vena,  kelenjar tiroid, kelenar paratiroid, kelainan pada saraf Laryngeal reccurent  yang bisa mempengaruhi pita suara, masalah pada otot leher, terdapat bakteri pada trakea (tenggorokan) saraf dari sistem simpatis dan parasimpatis bermasalah, kelainan pada pleksus brakialis (serangkaian saraf pada tungkai atas otos trapezius).

Kelainan dan masalah medis yang terjadi ini umumnya karena faktor makanan. Makanan junk food sangat beresiko terjadinya benjolan di leher. Komposisi minyak jenuh sangat disukai oleh bakteri penyebab tumor atau kanker untuk berkembang biak. Leher adalah sistem organ yang pasti dilalui oleh makanan, segala jenis makanan pasti masuk. Oleh sebab itu jika terjadi pembengkakan pada area ini cobalah untuk mengingat jenis makanan yang sering dikonsumsi, tulislah daftarnya hal ini sangat membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit anda nantinya

Faktor Penyebab Benjolan di leher karena virus dan bakteri. Daftar virus diantaranya adalah Herpes, rubella, farangitis, infeksi mononukleosis dan HIV/AIDS. Jenis bakteri penyebab diantaranya adalah TBC, cat scratch, abes peritonsillar (penyebab amandel), benjolan ini umumnya tidak terasa sakit, namun dampaknya akan mempengaruhi terhadap suara, intensitas makan dan gerak, benjolan akan mempersulit anda untuk bergerak terutama jika ingin menoleh.

Cara mengatasi Benjolan Di Leher. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, jika benjolan masih dalam tahap jinak dengan merubah menu makan menjadi yang sehat bisa sembuh dengan sendirinya. Memperbanyak minum dan mengurangi makanan yang manis, bau amis, mengandung minyak dan makanan-makanan junk food lainnya. Jika benjolannya sudah membesar dan menggangu aktivitas keseharian cobalah dengan mengkonsumsi obat alami (herbal)

Memperbanyak minum air putih dapat memperlancar tubuh memproduksi imunitas penghancur cairan dalam benjolan, biasanya orang yang sedikit minum ketika makan rentan terserang benjolan pada leher, selain itu bersihkanlah area mulut dan stop merokok bagi anda seorang perokok. Kandungan racun dalam rokok akan memperparah kondisi dan dapat menyebabkan infeksi yang akhirnya menjadi kanker.

Cara terakhir adalah berkonsultasi kedokter jika cara-cara diatas tidak segera membuahkan hasil. Sebab benjolan yang tidak kunjung sembuh padahal sudah melakukan berbagai upaya pengobatan, biasanya adalah benjolan kanker yang tidak bisa disembuhkan kecuali dengan melakukan pengangkatan (operasi). Jika sudah melakukan operasi jangan lupa untuk melakukan terapi agar sel tidak tumbuh kembali