Benjolan di Mata Gejala, Penyebab dan Penanganan

Benjolan Di Mata dan Penyebabnya - Benjolan.com,- Ada beberapa jenis benjolan yang terdapat pada bagian mata, diantaranya adalah bintitan, kanker mata, dan kalazion. Ketiga jenis penyakit ini yang paling banyak terjadi di dunia Khususnya Indonesia adalah bintitan. Adapaun kanker mata sebagai akibat dari pertumbuhan sel abnormal (tumor) terjadi karena ada faktor penyebab yang sangat hebat seperti faktor keturunan dan infeksi yang tidak segera diobati.

benjolan di mata

Benjolan di Mata Penyebab dan Cara Mengatasi

Benjolan Di Mata karena bintitan. Dalam dunia medis dikenal dengan sebutan hordeolum yaitu kondisi yang menyakitkan mirip jerawat dan bisul. Biasanya tumbuh pada bagian tepi kelopak mata. Bintitan ini umumnya hanya terjadi pada sebelah mata. Kondisi inti tidak akan berdampak buruk pada kemapuan penglihatan, namun karena ukurannya yang terlihat cenderung mempengarhui penampilan dan ketika melihat menjadi susah karena terhalang. Benjolan ini akan hilang dengn sendirinya seiring dengan reaksi hormon antiseptik yang dihasilkan oleh tubuh. namun Jika bintitan ini terus di pegang dan garuk akan memperparah keadaan sebab bisa terjadi iritasi dan infeksi hebat.

Faktor penyebabnya adalah karena terinfeksi bakteri stafilokokus, letak infeksi bisa pada bagian akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat. Selain karena bakteri, benjolan juga bisa karena faktor peggunaan kosmetik yang bahannya sudah kadaluarsa, tidak membersihkan alat make up ketika hendak tidur, memakai lensa kontak yang tidak bersih (steril), dan mengidap peradakan (blefaritis) yaitu kondisi akibat komplikasi infeksi dari penyakit rosasear.

Benjolan Di Mata karena kalazion. Berbeda dengan bintitan, benjolan ini terjadi karena tidak berfungsinya kelenjar meibom yang berada tepat diatas bulu mata. Meibom sendiri merupakan kelenjar penghasil hormon yang berfungsi untuk menghasilkan komponen untuk membuat mata selalu lembab dan basah, sehingga bola mata tidak kering dan terjadi iritasi.

Benjolan yang terjadi akibat tumor bisa menyebabkan kanker. Hal ini sangat sedikit terjadi, biasanya karena faktor dari zat toksi yang menginfeksi bagian dalam mata. Biasanya jika awal-awal benjolannya tidak terlihat, namun rasa sakit yang ditimbulkan sangat parah. Seiring dengan berjalannya waktu maka benjolan akan besar sampai sebesar kelapa. Untuk mengobatinya tidaka da cara lain selain operasi pengangkatan yang membutuhkan biaya besar, untuk itu selalu menjaga kesehatan adalah cara terbaik untuk terhindar dari penyakit ini.

Cara mengatasi Benjolan Di Mata. Cara ini bisa digunakan untuk bintitan, jerawat, bisul, dan kalazion pada mata, diantaranya adalah dengan selalu membersihkan area wajah terutama sehabis bekerja dari tempat berdebu dan make up. Cara yang paling bagus adalah dengan menggunakan kapas yang dibasahi menggunakan air hangat.  Cara lainnya adalah dengan menggunakan krim antibakteri yang tersedia apotik. Krim ini digunakan untuk membunuh bakteri dan jamur penginfeksi Benjolan Di Mata. Agar benjolan segara mengempis kompreslah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dirumah, jika sudah dua minggu tidak kunjung sembuh maka periksalah kedokter kepercayaan anda.