Benjolan di Paha Apa Penyebabnya? Apakah Berbahaya?

Benjolan Di Paha dan Penyebabnya - Benjolan.com,- Benjolan pada paha ada beberapa kasus, seperti hanya pada sebelah kaki dan atau keduanya, terasa sakit dan tidak, teksturenya lembek dan atau keras. Setiap kasus berbeda nama, berbeda gejala dan berbeda cara penanganannya, namun secara umum dan yang biasa terjadi adalah benjolan karena masalah lipoma. Benjolan ini akibat dari adanya gangguan pada kelenjar getah bening. Akan sembuh dengan sendirinya asal melakukan program diet sehat (Makanan bernutrisi & olaharaga secara rutin.

benjolan di paha

Benjolan di Paha Apakah Berbahaya?

Benjolan Di Paha bisa menyerang semua orang, tidak memandang usia dan gender. Namun umum terjadi pada kaum pria usia produktif yaitu antara 25 tahun sampai 40 tahun. Gejala yang timbul antara pria dan wanita pun berbeda tergantung kebiasaan aktivitas pola hidup. Orang yang jarang berolahraga dan kurang gerak sangat rentan terserang penyakit ini.

Faktor penyebab Benjolan Di Paha pada wanita. Pada wanita umumnya terjadi karena infeksi kelamin (penyakit menular seksual), infeksi akibat bakteri lokal (area Ms V yang jarang dibersihkan), infeksi oleh jamur yang biasa terjadi ketika masa keputihan dan haid, infeksi TBC, penyakit radang panggul, dan genasan dari virus semacam HIV.

Pada benjolan di paha pria umunya terjadi karena ada pembengkakan kelenjar getah bening, umum dikenal dengan penyakit hernia, lipoma (gumpalan lemak mengeras), kista asterom jika benjolannya berisi minyak yang dari saluran kelenjar yang tersumbat dan tumor jinak akibat dari penyakit menular seksual. Untuk memastikan apakah benolan tersebut ganas dan tidak perlu dilakukan medical cechk up lebih lanjut. Orang yang memiliki riwayat kesehatan baik pribadi atau keturunan beresiko lebih tinggi terkena kanker. Periksalah keluarga anda apakah memiliki orang tua atau kakek nenek yang memiliki kanker pada are paha atau tidak agar bisa melakukan penanganan lebih lanjut.

Cara mengatasi benjolan di paha. Jika masih gejala awal anda cukup menjaga area benjolan dengan sering dibersihkan, jangan terlalu mengandalkan obat antiseptik atau sabun dengan ph yang tinggi, sebab akan membuat resistensi. Cukup dengan membersihkan jika lembab, tidak terlalu sering memegang atau meraba untuk menghindari infeksi dan berpindahnya bakteri dari tangan ke benjola, hindari memakai celana yang ketat dan selalu membersihkan area intim jika sehabis berhubungan dengan arah dari depan kebelakang.

Jika hal diatas dilakukan secara benar, dalam kurang dari seminggu bisa sembuh, sebab benjolan di paha ini biasanya karena efek dari pola hidup tidak sehat, sehingga bisa sembuh dengan sendirinya dan tidak berbahaya. Namun jika tidak kunjung sembuh itu pertanda benjolan anda ganas dan beresiko kanker. Segera melakukan pengobatan agar keadaan tidak lebih parah. Jika benjolan tadi adalah kanker jangan ragu untuk segera melakukan berbagai pengobatan yang sanggup anda laksanakan mumpung masih dini, sebab jika sudah kronis sukar untuk sembuh.