Benjolan di Punggung Faktor Penyebab dan Penanganan

Benjolan di Punggung Apakah Berbahaya? - Benjolan.com,- Benjolan Di Punggung bisa menyerang siapa saja, baik pria ataupun wanita. Mau usia anak, anak, remaja, bahkan para lanjut usia. Benjolan yang terdapatpun berbeda-beda, ada yang kecil mirip jerawat dan ada yang besar seperti gundukan. Rasanya ada yang gatal, nyeri namun ada juga yang biasa saja. Semua itu dipengaruhi oleh faktor penyebabnya. Semakin berbahaya jenis benjolan maka akan semakin besar dan umunya terasa sakit. Teksturenya juga ada yang lembek dan bisa bergerak ada yang keras layaknya daging jadi.

benjolan di punggung waspadalah

Benjolan di Punggung dan Penyebabnya

Faktor penyebab Benjolan Di Punggung. Yang pertama adalah keratosis seboroik. Kondisi ini terjadi akibat pertumbuhan sel non-kanker. Biasanya terjadi karena konsumsi suplemen penambah otot agar besar atau obat dopping lainnya. Area yang biasanya ditumbuhi adalah punggung atas, dan area yang mendekati dada. Warnanya sendiri ada yang hitam dan cokelat. Rasanya tidak sakit dan benjolan tidak berbahaya, biasanya akan sembuh dengan sendirinya namun adapula yang mengangkatnya karena risi sudah menganggu penampilan.

Penyebab yang kedua adalah kista epidemoid. Dalam dunia medis dikenal dengan sebutan kista sabesa. Benjolan ini terjadi karena adanya infeksi dari jamur penyebab kista. Jamur ini terdapat karena badan jarang dibersihkan, orang yang jarang mandi dan tinggal ditempat kumuh sangat rentan terserang penyakit ini.  Rasanya ada yang nyeri dan ada juga yang tidak, cirinya adalah warna benjolan terlihat memerah. Benjolan karena kista epidemoid bisa muncul kembali setelah sembuh jadi sebaiknya melakukan operasi pengangkatan secara menyeluruh dan membersihkan benjolan dari cairan yang sangat kotor (berisi bakteri)

Cara mengatasi Benjolan Di Punggung. Jika masih awal dan kecil benjolan pada punggung bisa sembuh sendirinya dengan cara membersihkan badan dan area tempat tinggal. Mandi dengan antiseptik dan rutin membersihkan area yang benjol dengan ramuan air rebusan sirih ditambah garam dapat membuat benjolan cepat mengecil dan sembuh. Jika benjolan terasa sakit bisa dengan mengkompres pakai air hangat dan menambahkan koyo yang hangat atau balsem. Tunggu beberapa hari (kurang dari 2 minggu sudah sembuh)

Jika benjolan yang terdapat tadi tidak kunjung mengecil malah membesar ada kemungkinan itu adalah gejala kanker kulit. Perlu cara khusus untuk menyembuhkannya, menyuntikan obat anti kanker dan konsultasi kepada dokter akan sangat baik.  Benjolan karena kanker ini cirinya cepat besar dalam waktu singkat dan terasa sakit. Warna pada benjolan juga terlihat seperti daging jadi. Apabila rasanya gatal dan panas kemungkinan itu tumor jinak neuroma, caranya adalah dengan pemberian antibiotika dan penyatayata atau insisi.

Jika Benjolan Di Punggung tidak kunjung sembuh padahal sudah melakukan pengobatan secara alami, maka anda harus segera berkonsultasi kedokter. Dan lakukanlah pemeriksaan laboratorium. Jangan sesekali mengecilkan atau menyayat benjolan dengan sendiri, minta pertolongan kepada yang ahli agar tidak terjadi infeksi dan cairnnya menyebar ke area yang sehat.