Benjolan di Rahim Penyebab dan Bahanyanya

Benjolan di Rahim Wanita Waspadalah - Benjolan.com,- Benjolan pada rahim dalam dunia medis dikenal dengan istilah polip rahim, yaitu penebalan yang terjadi pada bagian dinding dalam rahim. Pertumbuhan selnya abnormal sehingga perlu dilakukan pengangkatan sebelum menjadi penyakit berbahaya. Penyakit ini hanya dialami oleh wanita dan sebagian besar usianya pada tahap proses menopause. Karena posisinya berada di dalam tubuh, maka tidak bisa dilihat secara kasat mata. Kita bisa memperhatikan ciri-cirinya yang timbul.

benjolan di rahim

Benjolan di Rahim Yang Harus Diwaspadai Wanita

Ciri-ciri jika ada benjolan di rahim adalah siklus antar menstruasi menjadi sangat cepat, ketika menstruasi darah yang keluarkan tidak seperti biasanya, yaitu volumenya banyak dan berlangsung lebih lama dari waktu normal menstruasi. Sulit hamil, tetap terjadi pendarahan meskipun sudah memasuki fase menopause dan kadangkala terjadi pendarahan pada area vagina meskipun belum saat menstruasi (terjadi di luar siklus menstruasi)

Faktor penyebab terjadinya benjolan di rahim adalah karena adanya perubahan terhadap produksi hormon. Semakin banyak dan atau semakin sedikit produksi hormon dapat beresiko tinggi terjadi benjolan. Benjolan ini juga akibat dari penggunaan KB yang cukup lama, tidak memiliki anak karena dibatasi oleh alat kontrasepsi diatas 30 tahun dapat membuat benjolan dalam rahim semakin  rentan terserang.

Penggunaan tamoxifen. Obat ini biasanya digunakan untuk pengobatan kanker payudara. Efek samping dari obat ini adalah dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel abnormal pada bagian rahim sebagai efek buruk dari kandungan obat yang mengedap dalam rahim. Faktor yang terakhir adalah hipertensi dan obesitas. Kedua gejala ini dapat menghabiskan energi makanan dalam tubuh lebih cepat, sehingga suhu dan kelembaban rahim terganggu, jika tidak seimbang mudah untuk bakteri dan agen penyakit lainnya berkembang pada area ini.

Cara mengatasi Benjolan Di Rahim. Jika sudah terjadi benjolan tidak ada cara lain selain melakukan berbagai pengobatan yang dapat membuat benjolan mengecil dan menghilang. Jika tidak segera diangkat akan membuat wanita menjadi mandul dan beresiko terkena kista sampai kanker rahim. Penanganan yang pertama adalah dengan melakukan USG, hiteroskopi dan kuret. Ketiga cara ini dapat membuat diagbosa lebih tepat sehingga dokter bisa menentukan langkah selanjutnya.

Jika masih gejala awal, tips mengatasinya adalah dengan memperbanyak minum air putih, lebih banyak mengkonsumsi makanan yang sehat, buah-buahan yang segar, pastika buah yang dimakan terbebas dari bahan pengawet yang biasa disuntikan di pasar modern (minimarket & mall)

Polip yang masih kecil dan tergolong jinak bisa hilang dengan sendirinya. benjolan akan mengecil ketika mengeluarkan darah menstruasi. Tanda sudah sehatnya adalah tidak lagi terjadi pendarahan diluar siklus menstruasi, siklus menstruasi jadi teratur, dan darah yang keluar tidak terlalu banyak. Terus melakukan pemantuan akan sangat baik untuk menghindari kemandulan (tidak bisa hamil), mudah keguguran dan adanya pertumbuhan sel tumor ganas penyebab kanker dinding rahim.