Benjolan di Vagina Penyebab dan Cara Mengatasinya

Benjolan di Vagina Wanita Waspadalah - Benjolan.com,- Masalah yang sering terjadi pada wanita biasanya adalah terdapat Benjolan Di Vagina. Benjolan ini bisa diluar atau di dalam bibir labia mayora, ukuran benjolannya kecil atau besar, dan ada yang terasa sakit dan tidak terasa sakit. Secra keseluruhan benjolan ini terjadi akibat makanan yang tidak teratur pada saat menstruasi dan kurang menjaga kebersihannya. Resiko dari terjadinya  benjolan ini ada yang tidak berbahaya dan sangat berbahaya. Efek yang berbahaya mengenai rahim dan mempengaruhi kesuburan wanita. Jika ukurannya kecil dan tidak terasa sakit sebenarnya tidak perlu diperhatikan karena hal ini biasa terjadi pada semua perempuan.

benjolan di vagina

Benjolan di Vagina dan Penyebabnya

Faktor penyebab terjadinya benjolan di vagina diantaranya adalah folikulitas, molluscum contagiosum, acne (jerawat) , ffurunkel, scabies, fibroma,lipoma, sarkoma, adenocarcinoma bartholini, herpes genital, varises, dan abses. Kista bartholin biasanya terjadi ketika hendak melakukan hubungan intim, tersumbatnya kelenjar untuk melumasi vagina dapat menyebabkan benjolan. Benjolan ini akan membuat risih dan khawatir sebagian wanita yang belum mengetahuinya.

Berbagai ragam penyebab Benjolan Di Vagina membuat sulit untuk menentukan apakah jenis ini berbahaya atau tidak. Namun yang tidak berbahaya biasanya jika tidak terasa sakit, dan benjolannya akan hilang tidak lebih dari 7 hari (seminggu). Namun jika ada rasa sakit dan bejolannya besar akan itu pertanda ada penyakit serius dalam tubuh anda dan harus segera berobat agar tidak mengalami resiko yang lebih parah.

Cara mengatasi Benjolan Di Vagina. Hal yang pertama harus anda lakukan adalah membersihkan area kewanitaan, jangan menggunakan sabun yang mengandung ph tinggi (biasanya antiseptik) cukup basuh saja menggunakan busa sabun mandi biasa, kalau ada gunakan sabun khusus. Setelah itu keringkan sampai kering, jangan sesekali menggunakan pakaian dalam dalam keadaan masih basah, karena dapat menumbuhkan jamur dan bakteri penyebab benjolan. Setelah itu gunakan pakian dalam yang tidak ketat guna memperlancar sirkulasi darah.

Agar benjolan cepat mengecil kompres menggunakan air hangat, terutama jika benjolan terasa sakit. Jangan memencet ataupun menekan, sebab nanti bisa terjadi perpindahan bakteri dari tangan ke vagina. Melakukan senam kegel dapat mengencangan dan cepat mengempiskan benjolan ketimbang di pencet. Jika saat menstruasi jangan menggunakan pembalut yang beraroma ataupun minum obat penghilang rasa nyeri. Jika anda sudah menikah dan menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya pilah pilih lagi. Menggunakan spermisida dan cincin nuva dapat menyebabkan vagina iritasi dan rentan terkena benjolan.

Jika sakit berkelanjutan terutama apabila benjolan di vagina tidak kunjung mengecil yang ada bahkan seperti akan mengeluarkan nanah, segeralah menghubungi dokter, sebab pada sebagaia  orang kanker serviks memiliki gejala benjolan, bedanya benjolan ini terasa sakit jika ditekan, dan kadang mengeluarkan darah ketika kencing ataupun mengeluarkan air mani.  Jika tidak segera ditangani nantinya akan menyebabkan resiko anjlokan stadium.