Benjolan Dibawah Kulit Diatas Daging Apa Penyebabnya?

Benjolan Dibawah Kulit Diatas Daging - Benjolan.com,- Benjolan yang terdapat dalam tubuh manusia dengan posisi dibawah kulit diatas daging pada dunia medis dikenal dengan istilah Lipoma. Benjolan Dibawah Kulit Diatas Daging ini dapat berpindah pindah tempat jika ditekan dengan menggunakan jari secara perlahan. Rasanya akan sangat lunak jika ditekan tidak terasa sakit karena ini merupakan benjolan tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya.

benjolan dibawah kulit diatas daging

Benjolan Dibawah Kulit Diatas Daging

Orang yang terserang penyakit ini biasanya usia paruh baya, namun tidak menutup kemungkinan anak remaja juga mengalami. Sedikit kasus yang terjadi pada usia anak-anak, jika terjadi pada usia muda maka pada usia tua akan mengalami resiko yang tinggi terjadi benjolan lipoma ini.

Karena bersifat jinak maka tidak perlu dilakukan operasi pengangkatan, dengan pola hidup sehat dan teratur, benjolan ini akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika pertumbuhannya diluar batas ambang normal dan dapat membahayakan sistem saraf terutama jika terjadi pada bagian leher dibawah telinga, maka perlu dilakukan operasi agar tidak terjadi penyempitan terhadap saraf dan pembuluh darah.

Benjolan ini dapat tumbuh pada bagian tubuh manapun, normalnya pada punggung, leher, paha, perut, lengan, dan bahu. Diameternya kebanyakan 5 cm. Benjolan ini bisa bertahan dalam kurun waktu tahunan, bahkan bisa mencapai 2 tahun lebih, jika ukurannya lambat maka tidak akan terasa sakit jika ditekan dengan jari. Hal ini membuat lipoma tidak banyak diperiksakan kedokter spesialis kulit.

Faktor penyebab Benjolan Dibawah Kulit Diatas Daging ini biasanya ada tiga yaitu faktor umur, menderita penyakit tertentu, dan adanya riwayat keturunan (genetika). Umur yang rentar mengalami penyakit ini adalah antara usia 40-60 tahun dan jarang menimpa anak-anak, dan jenis penyakit pribadi yang dapat menimbulkan benjolan kategori ini adalah sindrom Cowden, adiposa dolorosa dan sindrom gardner.

Untuk mengetahui apakah benjolan jenis ini berbahaya atau bukan perlu dilakukan penelitian dilaboratorium biopsi.  Biasanya dokter akan menggunakan pemeriksaan dengan alat Ultarsound guna memastikan apakah benjolan ini merupakan kista, atau kanker. Jika bentuknya tidak biasa maka dokter akan menggunakan MRI scan atau CT scan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi. Jika benjolan tumbuh dengan cepat, terasa sakit dan tidak bergerak pindah dari bawah kulit kemungkinan besar itu liposarcoma yang berpotensi menjadi kanker jika tidak segera ditangani.

Cara mengobati Benjolan Dibawah Kulit Diatas Daging.  Secara garis besar benjolan jenis ini tidak memerlukan penanganan khusus, sebab akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi jika terasa sakit dan benjolannya membesar anda bisa melakukan sedot lemak untuk mengeluarkan cairana yang terdapat dalam benjolan tadi dan atau dengan melakukan suntik steroid agar benjolannya menyusust, kedua cara ini tidak menghilangkan sel sampai keakarnya, namun cara ini banyak digunakan oleh sebagian besar orang.