Benjolan Karena Bisul Terasa Sakit Apakah Berbahaya?

Benjolan Karena Bisul Apakah Berbahaya? - Benjolan.com,- Bisul merupakan penyakit akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini memicu inflamasi pada foliker rambut. Makanya tidak hera jika nanah yang terdapat dalam bisul ini di sayat akan terluhat luban sekitar setengah mili kedalam. Kedalamannya tergantung tingkat keparahan dari besarnya benjolan. Semakin besar benjolan, inflamasi foliker rambutpun akan semakin dalam.

benjolan karena bisul

Benjolan Karena Bisul Apa Penyebabnya?

Faktor penyebab dan komplikasi bisul adalah karena ada infeksi oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat ditemukan pada kulit dan hidung manusia bahkan ketika tidak terjadi bisul, infeksi terjadi jika bakteri ini masuk kadalam kulit.  Penyebarannya yang tidak segera dipbatai akan memicu sepsis yaitu gangguan pada organ tubuh bagian dalam seperti jantung. Bekas dari bisul senantiasa menimbulkan luka, terutama jika setelah terjadi seluitis dan impetigo tidak bisa menahan untuk menggaruk area sekitar.

Bagian tubuh yang sering terserang bisul adalah area lutut, pantatm wajah, hidung, bahu dan paha. Hal ini akibat dari seringnya organ tubuh ini mengalami gesekan dan berkeringat. Tidak jarang bisul juga terjadi pada kelopak mata, istilanya disebut dengan bintitian. Area yang banyak mengeluarkan keringat dan lembab dapat beresiko tinggi terserang bisul. Benjolan Karena Bisul tidak akan bisa sembuh kurang dari 10 hari. Umunya memakan waktu 2 mingguan.

Gejala dan ciri-ciri Benjolan Karena Bisul. Tanda utamanya adalah muncul benjolan dengan berwarna merah pada kulit, kulit akan memerah nampak bengkak, jika disentuh akan terasa hangat. Rasa hangat yang ditimbulkan adalah indikasi bahwa infeksi sudah menyebar ke area sekeliling tempat tumbuhnya bisul. Seiring berjalannya waktu, benjolan ini akan berubah menjadi besar dan namak berisi nanah warna putih pada bagian puncak benjolan.

Rasa Benjolan Karena Bisul ini sangat menyiksa, pada awal terinfeksi akan terasa gatal dan nyeri apabila tersentuh. Jika terus digaruk dalam semalam benjolan akan tambah besar, ketika benjolan sudah membesar namun belum terdapat nanah warnanya merah, rasanya akan panas dan sakit. Bukan hanya pada rea bisul namun akan mempengaruhi saraf yang lainnya, sehingga apabila bisul pada pantat anda akan sulit berjalan apalagi jika pada lutut. Rasa nyeri ini akan sedikit memudar ketika benjolannya sudah tua dan warna nanahnya sudah terlihat menguning (tidak lagi putih) dan ketika disayat maka akan teras plong dan bisa sembuh.

Cara mengatasi benjolan karena bisul adalah dengan menyuntikan antibiotik dan meminum vaksin serta penambah daya tahan tubuh (imunitas). Jika belum ada gejala sebaiknya lebih memperhatikan kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan sekitar, khususnya tempat tinggal. Penyakit ini dapat menular jadi perlu waspada jika anda mempunyai sanak saudara yang ada bisulm hindari kontak lebih intens. Untuk meredakan sakit yang timbul anda bisa dengan mengkompres dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam terus kemudian membakar selembar daun sirih sebentar saja sampai layu, terus kemudian tempelkan dalam benjolan tadi.