Ciri-ciri Benjolan Kanker Yang Harus Anda Kenali

Ciri-Ciri Benjolan Kanker Yang Harus Diwaspadai - Benjolan.com,- Benjolan yang terdapat dalam tubuh bisa menjadi indikasi adanya kelainan kesehatan yang sedang dialami. Ancaman dari benjolan tersebutpun bermacam-macam ada yang jinak (tidak berbahaya) dan ada yang ganas (berbahaya), benjolan berbahaya biasanya karena menjadi gejala dari kanker, untuk itu sebaiknya mengetahui Ciri-Ciri Benjolan Kanker agar bisa mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

ciri-ciri benjolan kanker

Ciri-ciri Benjolan Kanker Waspadalah

Ciri pertama pertumbuhan lebih cepat. Pertembuhan benjolan kanker umumnya sangat cepat dan ukuran dari benjolan sangat besar dibandingkan dengan tumor. Waktu yang biasanya menjadi kanker antara 8-200 hari. Perhatikan pembesaran yang terjadi jika diiringi dengan rasa sakit dan gejala lain bisa jadi itu benjolan kanker dan perlu segera ditangani agar tidak semakin buruk dan menyebar keorgan lainnya.

Ciri-Ciri Benjolan Kanker yang kedua adala keras dan terasa sakit jika diraba. Keras yang dimaksud adalah tidak lembek seperti pada benjolan akibat bisul dan yang nanah. Benjolan aknker cenderung keras seperti tumpukan daging yang menyembul keluar. Jika ditekan akan terasa sakit. Hal ini karena terjadinya kontradiktif antara sel abnormal penyebab benjolan kanker dengan sel pertumbuhan dan perkembangan normal untuk menandakan bertambahnya usia.

Jika tumor tadi ditekan tidak akan bergerak melainkan malah terlihat memerah. Pada tumor bukan kanker benjolannya dapat bergeser sebagai akibat dari infiltrasi (penyusupan) kedalam jaringan tubuh yang lainnya pada sekitar tubuh. Cobalah untuk menekan dan mendorong benjolan yang ada dan perhatikan apakah bergeser dan lembek atau kaku, jika kaku maka kemungkinan besar benjolan tersebut dapat dipastikan sebagai gejala kanker.

Tahapan untuk mendiagnosis kanker. Dokter akan melakukan berbagai tahap khusus untuk memastikan apakah benjolan yang diderita pasien kanker atau bukan dengan memeriksa data epidemiologi, faktor resiko dari penyakit lain, pola penyebaran, pemeriksaan riwayat kesehatan keluarga dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti uji cairan, MRI,CT Scan dan lain-lain.

Ciri-Ciri Benjolan Kanker dilihat dari usia adalah pada usia yang tidak lagi muda, antara 35 tahun sampai lanjut usia. Namun bukan berarti anak-anak tidak bisa terkena benjolan kanker. Pada anak-anak biasanya benjolan kanker akibat dari kelebihan mengkonsumsi kadar yodium, jenis benolannya dinamakan gondok endemik. Benjolan pada leher ini sebagian besar berakhir menjadi kanker. Kesalahan paling fatal adalah tidak segera memeriksakan kepada dokter sehingga waktu awal kemunculan sel abnormal tidak mendapatkan pertolongan pertama dan rehabilitasi tubuh.

Hal yang paling mudah dikenali adalah dengan mengetahui riwayat kesehatan. Jika memiliki keluarga penderita kanker dan benjolannya sama percis dengan yang terjadi pada sanak saudara, maka besar kemungkinan itu adalah benjolan kanker. Ciri-Ciri Benjolan Kanker yang terakhir adalah dengan melihat letaknya. Jika letaknya merupakan bekas dari operasi kanker, tidak salah lagi itu adalah tanda sel yang terdahulu kembali hidup dan berkembang menyerang organ sekitar yang masih sehat.