Ciri-ciri Benjolan Kanker Payudara Waspadalah Wanita

Ciri-Ciri Benjolan Kanker Payudara Waspadalah Wanita - Benjolan.com,- Kanker payudara merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tumbuhnya sel tidak normal pada bagian payudara. Pada banyakan kasus sel abnormal ini tumbuh pada saluran keluarnya air susu. Lobulus, dan jaringan lemak. Faktor hidup yang hormonal menjadi penyebab paling tinggi terjadinya kanker payudara. Tanda yang paling mudah untuk mengetahui apakah seseorang terkena kanker atau tidak adalah terdapatnya benjolan liar pada area payudara, namun tidak semua benjolan ini adalah pertanda kanker.

ciri-ciri benjolan kanker payudara

Ciri-Ciri Benjolan Kanker Payudara

Setidaknya ada empat ciri-ciri benjolan kanker payudara, yang pertama adalah benjolan terbentuk secara tiba-tiba dan cepat membesar. Berbeda benjolan ketika masa awal menstruasi yang timbul kemudian hilang. Benjolan pada kanker payudara pertumbuhannya tidak hilang meskipun waktu menstruasi sudah berakhir. Waktu pertumbuhannya juga dapat diamati dari mulai kecil sampai membesar, letak benjolannya pun tidak menyembul keluar,dapat diketahui hanya jika melakukan pemeriksaan pribadi dirumah atau pun bisa ketika mandi.

Ciri-ciri benjolan kanker payudara yang kedua adalah mempengaruhi warna kulit payudara. Perubahan ini lebih terlihat seperti akibat terkena infeksi, awalnya kulit akan berubah menjadi kemerahan dan jika ditekan akan terasa sakit. Warna merah ini mirip dengan ketika terjangkit iritasi. Permukaan pada area kulit yang berubah juga terlihat berlukuk – lekuk dan jika diraba kulitnya terasa kasar seperti pada kulit jeruk. Namun, pada jenis penyakit kanker tertentu  (jarang terjadi) perubahan warna tidak terjadi.

Muncul benjolan pada ketiak bisa merupakan ciri-ciri benjolan kanker payudara . Jaringan payudara syarafnya terhubung keseluruh tubuh, yang paling dekat adalah ketiak. Jika terjadi benjolan pada payudara kemudian benjolan lain ada pada ketiak bisa jadi ini adalah gejala kanker payudara. Pada bawah ketiak, saluran kelenjar getah beningnya tinggi, maka jika ada pertumbuhan sel abnormal pada area payudara, maka akan menimbulkan benjolan dibawah ketiak. Hal ini pula akan menyebabkan puting terasa sakit. Jika sudah parah maka akan keluar cairan tidak normal (selain waktu menyusui)

Ciri-Ciri Benjolan Kanker Payudara yang terakhir adalah benjolannya tidak hilang dalam kurun waktu 3 bulan dan akan mempengaruhi daya tahan tubuh. Sejak anda menyadari memiliki benjolan payudara, kemudian daya tahan tubuh anda terus melemah setelahnya sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. Benjolan yang hilang terutama jika sudah lebih dari dua kali siklus menstruasi memiliki resiko yang sangat tinggi apabila tidak segera diobati.

Belum ada Cara khusus yang ampuh untuk mengatasinya selain dengan menggunakan obat-obatan. Jika diagnosanya masih stadium 1 ada kemungkinan untuk sembuh secara total masih besar. Namun tetap harus rutin melakukan perawatan tambahan guna memastikan sel kanker tidak kembali kambuh. Saat ini banyak orang yang mengabaikan gejala ini, lebih baik melakukan pemeriksaan secara rutin setiap sebulan sekali dimulai sejak berakhirnya masa menstruasi.