Ciri-ciri Benjolan Karena Gondongan Tidak Berbahaya

Ciri-Ciri Benjolan Karena Gondongan - Benjolan.com,- Gondongan merupakan penyakit dimana terdapat pembesaran pada area sisi wajah. Hal ini disebabkan karena adanya infeksi oleh virus paramyxovirus sehingga kelenjar paratoid (kelenjar yang memproduksi air liru) menjadi bengkak. Pembengkakan ini akhirnya menjadi benjolan yang dapat mempengaruhi kesehatan, aktivtas keseharian dan penampilan anda. Penyakit ini merupakan penyakit menular dan umumnya diderita oleh anak-anak. Gondongan merupakan jenis penyakit menular, penularan bisa terjadi meskipun lewat udara. Makanya jangan membiarkan anak bermain dalam ruangan dengan temannya yang memiliki penyakit ini. Meskipun umumnya terjadi pada anak-anak, orang dewasapun tidak sedikit yang mengalaminya.

ciri-ciri benjolan karena gondongan

Ciri-Ciri Benjolan Karena Gondongan yang pertama biasanya selain wajahnya terlihat benjol, juga dibarengi dengan nyeri pada sekujur tubuh khususnya bagian sendi, demam yang tinggi dan suhu panasnya tidak turun- turun. Mulut penderita gondongen juga kering, perutnya terasa sakit, nafsu makan hilang, lelah dan sakit kepala. Gejala ini timbul karena kurangnya asupan makan, sehingga tubuh mengalami dehidrasi dan tidak memiliki cadangan energi, makanya tidak heran jika si pasien kondisinya kurus dan cepat lelah.

Ciri yang kedua adalah sisi wajah penderita tampak membesar. Pembesaran ini terjadi jika virus sudah melakukan inkubasi.  Dengan adanya pembengkakan ini maka pendertta kesulitan dalam mengunyah makanan dan minum. Penyakit ini lebih serius dari penyakit yang mirip seperi amandel dan demam kelenjar, oleh sebab itu jika terasa kedua ataupun salah satu wajah anda terasa bengkak namun tidak tahu gejalanya segeralah periksakan ke dokter untuk diberikan pengobatan.

Ciri-Ciri Benjolan Karena Gondongan yang terakhir adalah, wajah menjadi sedikit kemerahan. Warna wajah yang menjadi merah ini disebabkan oleh suhu badan yang panas, selain itu infeksi dari bakteri paramyxovirus pun bisa merubah pigmen kulit wajah. Bagi anda yang sebelumnya tidak memiliki penyakit ini, coba periksa riwayat penyakit anda. Orang yang memiliki penyakit seperti pembengkakan testis. Pembengkakan indung telur, penyakit pankreas akut dan orang yang terkena meningitis juga bisa terkena benjolan pada wajah (gondongan)

Pencegahan penyakit benjolan karena gondongan. Pencegahan yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan imuniasasi MMR pada anak dan memberikan vaksin pada usia 12-18 bulan. Pemberian ini diulangi sekali lagi ketika sudah berusia 6 tahun. Jika tidak diulangi maka akan menyebabkan virus menjadi resistensi dan dapat menyerang kembali setiap saat. Untuk orang dewasa bisa melakukan pengobatan.

Cara mengatasi Benjolan Karena Gondongan. Pertama yang harus dilakukan adalah mengisolasi anak, baik itu dirumah, di sekolah dan tempat lainnya agar tidak menular kepada yang lain, caranya dengan memberikan  masker dan ketika bersin atau meludah selalu menggunakan tisu. Meskipun Penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat dan ramuan herbal yang ada dilingkungan sekitar, tapi itu hanya untuk yang masih tahap awal dan sederhana saja. Untuk yang sudah masuk tingkat dua tidak bisa disembuhkan kecuali dengan melakukan vaksin guna membunuh virus yang menyerang. Jika tetap dibiarkan, bisa menularkan kepada seisi rumah dan lebih buruknya pasien bisa mengalami kematian akibat dehidrasi dan panas yang tinggi.