Ciri-ciri Benjolan Kelenjar Getah Bening Waspadalah

Ciri-Ciri Benjolan Kelenjar Getah Bening - Benjolan.com,- Benjolan akibat dari gejala kelenjar getah bening dalam dunia medis sering disebut (lymphadenopathy) yaitu suatu masalah akibat adanya pembengkakan pada saluran kelenjar getah bening yang diakibatkan adanya gumpalan yang berisi sel darah putih. gumpalan ini awalnya hanya sebesar biji kacang, namun jika tidak mendapatkan penanganan akan membesar dan menghambat aktivitas keseharian sang pasien.

ciri-ciri benjolan kelenjar getah bening

Ciri-ciri Benjolan Kelenjar Getah Bening Harus Anda Perhatikan

Pada sebagian besar kasus, benjolan ini muncul sebagai tanda adanya infeksi yang sedang dilawan oleh tubuh. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus dan agen penyakit lainnya. Setelah masalah selesai maka benjolan akan mengempes sendiri. Cairan pada benjolan ini adalah cairan yang penuh dengan sistem imun untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Ciri-Ciri Benjolan Kelenjar Getah Bening, jika ditekan terasa lembek dan bergerak. Rasanya seperti balon air dan tidak terasa sakit. Hanya saja mempengaruhi penampilan, jika benjolannya besar akan membuat risih dan sulit bergerak terutama yang terdapat pada bagian samping leher, belakang telinga. Benjolan ini akan mengeras dan terasa sakit jika saluran kelenjar dalam keadaan bahaya. Pada saat ini anda perlu melakukan perawatan yang intensif agar bisa sembuh secara total.

Ciri yang kedua benjolannya tidak sembuh dari dua minggu disertai ukurannya yang membesar. Awalnya mungkin akan sebesar biji kacang, dan tidak akan terlihat jika tidak diraba. Namun lama kelamaan akan membesar serta jumlahnya akan menjadi banyak. Benjolan ini tidak akan hilang meskipun sudah lebih dari dua minggu, jika dibiarkan akan mengalami banyak masalah yang lebih serius.

Sejak membesarnya benjolan anda akan merasa demam yang tidak reda, kemudian akan berkeringat pada malam hari. Selain itu anda akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Jika benjolan sudah besar akan mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan makanan dan minuman. Jika semua gejala ini dialami tidak salah lagi itu adalah Ciri-Ciri Benjolan Kelenjar Getah Bening.  Pada dasarnya saluran ini terdapat pada seluruh tubuh, namun pembengkakan hanya terjadi pada bagian samping paha, dibawah dagu, area ketiak dan samping kedua leher bawah telinga. Ada juga yang pada bagian bahu.

Diantara penyakit yang membuat kelenjar getah bening menjadi bengkak dan benjolan adalah tuberkulosis, sarcoidosis, penyakit lupus, rheumatid athritis, rubella, sifilis, cytomegalovirus, HIV dan Kanker. Pada pembengkakan yang disebabkan kanker, benjolannya tidak kunjung mengempis sampai hitungan bulan. Kanker yang menyebabkan benjolan adalah leukimia limfosik kronis dan non-hodgokin.

Jika muncul ciri-ciri benjolan kelenjar getah bening cara mengtasinya adalah dengan mengobati penyakit penyebab pembengkakan saluran kelenjar getah bening secepat mungkin, sebab jika penyakitnya bisa segera sembuh, maka benjolannya otomatis akan mengempis. Biasanya jika anda berkonsultasi kedokter, hal yang paling diperhatikan oleh dokter adalah memberikan obat untuk menyembuhkan penyakit yang anda derita. Adapun benjolan akan dilakukan penanganan dengan cara mengeluarkan isi cairannya.