Ciri-ciri Benjolan Penyakit Miom Yang Harus Diwaspadai

Ciri-Ciri Benjolan Penyakit Miom - Benjolan.com,- Miom adalah salah satu jenis penyait tumor yang terdapat pada bagian  uterus (rahim). Sifatnya tidak ganas dan benjolan yang ditimbulkan bisa disembuhkan dengan tanpa operasi. Awal mulanya adalah jika pada sel otot rahim terdapat pertumbuhan yang abnormal. Pertumbuhan inilah yang menjadikannya benjolan sebagai gejala bahwa uterus sudah mulai terbentuk tumor.

ciri-ciri benjolan penyakit miom

Ciri-ciri Benjolan Penyakit Miom Wanita Waspadalah

Sebagian besar wanita pernah mengalami miom, kebanyakan dari mereka bisa sembuh dengan sendirinya tanpa disadari. Namun, tidak sedikit pula yang harus menjalani perawatan lanjutan. Diantara tanda adanya miom adalah menstruasi terasa sangat menyakitkan, terdapat nyeri pada bagian punggung bawah. Perasaan tidak nyaman, intensitas buang air kecil tinggi, mengalami konstipasi dan gangguan kehamilan.

Ciri-Ciri Benjolan Penyakit Miom. Karena terjadinya di dalam organ tubuh maka sulit untuk melihat secara kasat mata perlu dilakukan beberapa pemeriksaan. Kendati demikian kita bisa mengamatinya dari gejala tambahannya sesuai dengan tempat tumbuhnya sel abnormal. Ada empat tempat yang biasanya terdapat benjolan miom yaitu fibroid intramural, subserous, submucous, dan pedunculated.

Benjolan pada fibroid intramural. Tempat tumbuhnya pada bagian jaringan otot rahim, ini merupakan lokasi yang paling banyak ditemui pada pasien penderita miom. Biasanya jika pada tempat ini menstruasi akan selalu terasa sakit, pendarahan yang dikeluarkannya akan sangat banyak, jika anda sudah menikah, kemudian susah mendapatkan bayi, besar kemungkinan anda terserang miom.

Ciri-Ciri Benjolan Penyakit Miom yang kedua jika letak pertumbuhannya ada pada fibroid subserous (dinding rahim) biasanya benjolannya akan sedikit terasa, sebab ukurannya akan sangat besar. Benjolan ini akan mempengaruhi masa siklus menstruasi, tidak heran penderitanya bisa tidak mengalami menstruasi selang satu bulan. Apalagi jika mereka mengalami gangguan kecemasan dan stress

Ciri-ciri Benjolan penyakit miom yang ketiga bisa dilihat dari lapisan ototnya. Gejala yang dapat ditimbulkan adalah terjadi pendarahan diluar masa menstruasi, dan pendarahan hebat jika sedang menstruasi. Pendarahan terjadi sebagai akibat luruhnya beberapa lapisan sel otot rahim akibat ada persaingan sel abnormal. Jika mengalami hal ini sebaiknya segerakan periksa kedokter untuk menghindari resiko yang lebih parah.

Sampai saat ini beluma ada kepastian penyebab munculnya miom. Kemunculannya selalu dikaitkan dengan produksi estrogen makanya tidak heran jika penderita kebanyakan usia produktif (15-50 tahun). Miom sering dapat muncul pada wanita yang memiliki berat badan berlebih (obesitas), memiliki riwayat keturunan. Terlalu sering makan daging merah, merokok, mengkonsumsi alkohol dan waktu resiko yang paling tinggi adalah jika sudah melahirkan kemudian melakukan kontrasepsi (KB)

Jika muncul ciri-ciri benjolan penyakit miom diatas Pengobatan biasanya dilakukan jika benjolan menimbulkan gejala yang sangat berlebihan, adapun pada benjolan yang tidak menimbulkan masalah biasanya akan sembuh sengan sendirinya asal sering mengkonsumsi sayuran dan buah-buahn tinggi nutrisi. Jika ukuran benjolan terlalu besar dan pengobatan secara alami tidak membuahkan hasil yang efektif, biasanya perlu melakukan operasi.