Penyakit Yang Menyebabkan Benjolan dan Berbahaya

Penyakit Yang Menyebabkan Benjolan di Tubuh - Benjolan.com,- Memiliki badan yang sehat, bersih dan cantik adalah dambaan semua orang baik laki-laki atau perempuan. Namun, ada beberapa Penyakit Yang Menyebabkan Benjolan pada tubuh, jenisnya ada yang berbahaya dan tidak. Namun sebagian besar benjolan tidak berbahaya, akan tetapi karena tidak segera ditangani, benjolan yang tidak berbahaya tadi menjadi ganas dan bisa mengancam keselamatan jiwa. Diantaranya adalah penyakit TBCm limfomia, kanker getah bening, penyakit gondok, kelenjar tiroid, gondok, kelenjar parotis. Berikut penjelasan lengkapnya.

penyakit yang menyebabkan benjolan

Penyakit Yang Menyebabkan Benjolan di Badan

Penyakit yang menyebabkan benjolan yang pertama adalah TBC (tuberculosis). Benjolan yang terjadi akibat adanya bakteri yang menyerang, dan menyebabkan kelenjar terdapat benjolan. Ukurannya kecil hanya beberapa meter saja, umumnya terjadi pada bagian leher, letaknya bergandengan disamping kiri – kanan, benjolan karena TBC biasanya lebih dari satu buah. Bahkan jika sudah parah tingkatannya bisa seluruh area leher terdapat benjolan.

Penyakit yang menyebabkan benjolan yang kedua adalah Limfomia. Benjolan yang terjadi akibat adanya infeksi pada saluran limfomia, infeksi umumnya terjadi karena bakteri dan virus dari makanan yang buruk dan kandungan obat kimia yang mengendap dalam saluran sehingga menghambat produksi hormon limfomia, lebih parahnya karena saluran terdapat benjolan, maka  tidak mensuplai area seluruh tubuh dengan zat dan nutrisi yang dikonsumsi, meksipun itu makanan sehat. Benjolan yang terjadi pula tidak menyebabkan sakit, namun akan terasa sedikt gatal dan jika parah akan membuat badan menjadi menggigil.

Penyakit kanker getah bening juga merupakan penyakit yang menyebabkan benjolan yang timbul biasanya terasa sakit, tekstrunya keras dan membuat tubuh sulit digerakan. Kanker getah bening terjadi karena ada infeksi dari pada saluran kelenjarnya. Salurannya bisa karena bakteri ataupun infeksi akibat gejala kanker lainnya, kanker yang menimbulkannya bisa kanker payudara, kanker kulit dan kanker darah. Gejala yang dapat ditimbulkan adalah terasa panas, marnanya memerah dan area sekitar menjadi bengkak. Tempat yang biasa terjadi ada pada leher, selangkangan, area paha, ketika, belakang lutut, dan belakang telinga.

Penyakit gondok. Kekurangan yudium menjadi penyebab utama terjadi benjolan. Umumnya terserang pada masyarakat kalangan bawah. Pada wanita yang sedang hamil jika kekurangan yodium selain menyebabkan gondok juga dapat mempengaruhi kesehatan bayi. Jika tidak terlahir catat maka akan mengalami abortus (kematian dalam kandungan). Penyakit Yang Menyebabkan Benjolan lainnya adalah kankerk kelenjar ludah, cidera. Sifilis, autoimun, lupus, campak dan pertumbuhan sel secara abnormal.

Cara mengatasi dan mencegahnya adalah dengan selalu menerapkan pola hidup sehat, jangan terlalu banyak makan yang mengandung minyak jenuh, dan berbahan kimia. Stop merokok, berhenti mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol. Selain itu lingkungan tempat tinggal anda juga perlu diperhatikan, sebab benjolan dapat tumbuh dari lingkungan yang kotor dan akibat dari penyakit menular. Berdekatan lebih intens dengan penderita benjolan akan menyebabkan anda tertular. Selain itu rutinlah memeriksan bagian tubuh anda, jika ada yang tidak beres segera  berkonsultasi ke dokter.