Benjolan di Prostat Penyebab dan Cara Mengatasinya

Benjolan di Prostat Laki-laki Waspadalah - Benjolan.com,- Prostat merupakan salah satu organ yang berkaitan erat dengan sistem reproduksi pada pria. Fungsi dari organ ini adalah ikut bekerja dalam proses perkemihan yaitu menyalurkan urine dari kandungan kemih. Fungsi vitalnya adalah untuk mengeluarkan cairan sperma (semen). Adaa berbagai penyakit yang bisa menyerang organ ini, diantaranya adalah tumor dan kanker yang bisa memicu gejala benjolan di prostat.

benjolan di prostat

Benjolan di Prostat dan Penyababnya

Jenis tumor yang sering menyerang adalah tumor jinak yang dikenal dengan istilah HPJ, Hipertropi Prostat Jinak. Benjolan yang terjadi biasanya karena ada pembesaran non-malignant kelenjar prostat. Ukuran prostat hanya sebesar buah kenari, letaknya ada di bawah kandung kencing yang mengelilingi uretra. Jika terjadi pembekakan maka akan membuat saluran kemih terganggu dana rasanya akan sakit, khususnya ketika ingin buang air kecil.

Faktor penyebab penyakit ini adalah jika terlalu sering masturbasi, terlalu sering kawin dan sangat erat kaitannya dengan usia tua (aging factor). Usia yang biasanya tmulai terjadi pada usia antara 20-30 tahunan dan sering terasa diatas 50 tahun keatas. Besarnya benjolan sekitar 60-100 gram tergantung keganasannya. Jika tidak segera dilakukan pengangkatan maka akan menyebabkan kematian. Frekuensi penyakit ini semakin tahun semakin meningkat seiring dengan perkembangan prilaku moral yang rusak dijaman modern ini.

Gejala yang timbul biasanya adalah kencing memerlukan waktu yang lama agar airnya bisa keluar, pengosongan kandung kemih tidak sempurna, jika air sudah keluar susah untuk berhenti, terus menetes (miksi), mengedam, pancaran air kencing lemah (jangkaunnya tidak bisa jauh), nuktoria lebih dari satu kali, frekuensi miksi berlebihan, benjolan yang besar bisa diraba dengan tangan, terjadi sumbatan pada saluran kemih. Nyeri perut, nyeri tulangm ketika ejakulasi terasa sakit bahkan ketika buang air besar area perut dekat pusar akan terasa sangat sakit.

Cara mengatasi dan mengobati Benjolan Di Prostat. Pengobatan pertama yaitu konservatif, usahakan untuk memperlambat pertumbuhan hipertropi, melakukan suntikan terhadap jaringan prostat langsung dan melakukan katerisasi untuk melebarkan area prostat yang tersumbat benjolan. Jika melakukan operatif anda bisa memilih antara trans uretheral micriwave thermoterapy, radio freuency, resection of prostate dan incision of prostate, dokter akan menjelaskan lebih lanjut tentang tahapan tahapan ini. Jika benjolan sudah menyebar dana parah biasanya akan melakukan terapi hormon, pengangkatan testis sampai kemoterapi guna sel abnormal yang tumbuh tidak lagi berkembang,

Jika memiliki riwayat keturunan sebagai penderita Benjolan Di Prostat. Usahakan menjaga kesehatan anak anda agar tidak mengalami kanker prostat. Sebab sampai saat ini belum ada pengobatan yang sangat ampuh dan mujarab, jika tidak melakukan kesadaran secara dini akan beresiko meninggal.  Di Indonesia kanker ini merupakan kanker yang jarang sekali, sebab budaya gunta ganti pasangan masih dianggap tabu, sehingga lelaki terjauh dari penyakit Benjolan Di Prostat ini.