Benjolan di Tangan Penyebab dan Penanganan

Benjolan Di Tangan Apakah Berbahaya? Benjolan.com,- Benjolan Di Tangan dewasa kini sering terjadi. Kebanyakan menyerang usia remaja. Namun karena tidak terlalu memperdulikannya, benjolan tersebut dibiarkan khususnya jika ukurannya sangat kecil. Sehingga ketika sudah dewasa benjolan jadi besar dan minta untuk dioperasi. Ketika sudah besar akan sulit untuk melakukan pengangkatan. Mengenali gejala yang timbul sejak awal sangat penting untuk melakukan pengobatan dengan agar tidak sukar nantinya.

benjolan di tangan

Benjolan di Tangan dan Penyebabnya

Faktor penyebab benjolan di tangan yang pertama adalah Kista Ganglion. Kista ini terbentuk pada sendi atau tendon (ruas jari & pergelangan tangan) umumnya terjadi pada bagian pergelangan, bentuknya sangat kecil mirip dengan jeli. Benjolan ini tidak sakit dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun jika terlalu lama hilang bisa dengan cara menyedot cairana kista kemudian anntinya dioperasi untuk melakukan pengangkatan benjolan tadi.

Faktor yang kedua adalah dupuytren, yaitu pengerasan dan penebalan pada jaringan elastis (fascia).  Biasanya benjolan ini terdapat pada jari-jari tangan, gejalnya jari menjadi lengkung karena tertekan dengan benjolan. Pada awal terjadi, benjolannya terasa lunak, sering dengan bertambahnya waktu akan mengeras dan terasa nyeri. Bagian jari yang sering terserang adalah jari kelingking,telunjuk. Faktor ini bersifat keturunan dan komplikasi dari kebanyakan minum minuman keras. Jika tidak diobati maka akan menyebabkan kerusakan tulang dan sendi, jika terjadi pada usia pertumbuhan akan menjadi cacat.

Jika bentuk dari benjolannya seperti bisul (bulat dan berisi cairan) biasanya ini akibat dari terserangnya penyakit kista ateroma (cairan dari kelenja sabesa) tumor jinak jaringan ikat (fibroma), tumor pada jaringan saraf (neuroma) dan akibat infeksi. Infeksi yang terjadi bisa karena invasi bakteri atau karena iritasi akibat zat kimia berbahaya. Menggunakan sabun yang banyak mercury dapat menyebabkan benjolan di tangan.

Cara mengatasi benjolan di tangan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan sesekali memencet atau mengurut benjolan, karena nanti bisa membuat benjolan pecah dan cairan kotor ini akan menginfeksi organ tangan yang masih sehat. Jika terasa nyeri sebaiknya mengkompres dengan air hangat, jika ada koyo tempelkanlah. Cara ini selain dapat meredakan nyeri juga dapat menghindarkan dari pembengkakan yang seharusnya tidak terjadi.

Merendam dengan air hangat yang berisi garam atau ditambah antiseptik akan sangat membantu membuat benjolan mengempis jika benjolan tersebut disebabkan oleh bakteri dan jamur. Jika benjolan tidak mengecil dalam waktu dua minggu, besar kemungkinan itu adalah gejala dari penyakit kronis semacam kanker kulit, dan tumor. Perlu melakukan operasi pengangkatan agar bisa membunuh sel abnormal yang sudah tumbuh. Pada sebagian besar kasus, dokter akan bertanya tentang menu yang sebelumnya anda makan. Hal ini untuk mendiagnosis dan menduga jika benjolan yang timbul karena alergi. Jika akibat alergi, pengobatannya tidak peru operasi, cukup dengan mengkonsumsi obat pereda dan multivitamin untuk mengembalikan sistem daya tahan imunitas tubuh anda.