Benjolan Varikokel Pada Bayi Yang Harus Diwaspadai

Benjolan Varikokel Pada Bayi - Benjolan.com,- Varikokel adalah perkembangan yang terjadi pada pembuluh vena yang khusus pada organ dalam kantung zakar (skrotum). Penyakit ini hanya menyerang pria segala jenis, tak terkecuali pada bayi dan anak-anak. Benjolan ini akan membuat orang tua khawatir dan was was. Penyakit ini mirip dengan varises dikaki, bedanya varikokel terdapat pada kantung zakar. Dan varises hanya terjadi pada pria yang sudah remaja keatas, namun varikokel bisa menyerang bayi sekalipun.

benjolan varikokel pada bayi

Benjolan Varikokel Pada Bayi Gejala dan Penyebabnya

Perkembangannya ini bisa berkembang bertahap. Jika diraba akan terasa lembek, posisinya sering kali pada bagian sisi kiri skrotum. Ukurannya sendiri bermacam-macam, ada yang besar ada pula yang kecil hingga tidak bisa dilihat dengan mata kecuali jika diraba. Rasanya yang tidak sakit membuat anak tidak menangis, orang tuapun sering kali tidak mengetahuinya jika tidak teliti saat memandikan sang buah hati.

Faktor penyebab Benjolan Varikokel Pada Bayi diantaranya adalah sebagai reaksi atas pertumbuhan anak. Varikokel bukanlah sebuah penyakit yang serius, hal ini normal terjadi terutama pada saat masa pubertas. Benjolan yang timbulpun akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Namun pada pembekakan akibat terdapatnya kelainan vena scrotum benjolan sedikit susah hilang, perlu melakukan beberapa tahap untuk melancarkan penumpukan yang terjadi.

Proses terjadinya adalah ketika katup-katup yang terdapat dalam pembuluh vena yang seharusnya mengalirkan darah satu arah tidak berfungsi dengan baik yang akhirnya menyebabkan darah mengalir balik, karena darah tidak bisa kembali ke tempat awal maka selanjutnya darah akan mengendap didalam pembuluh vena, pada waktu yang sangat lama akan menyebabkan pembengkakan menjadi sebuah benjolan, semakin banyak darah yang mengendap maka akan semakin besar benjolan yang terjadi.

Gejala dari terjadinya Benjolan Varikokel Pada Bayi adalah penyusutan testos. Karena pembuluh vena rusak maka tekanan darah dalam saluran tersebutoun meningkat. Tekanan inilah yang dapat merusak dan menyusutkan testis pria khussunya bayi, jika benjolan besar akan terasa sakit. Selain itu pada usia dewasa, jika tidak segera diatasi maka akan menyebabkan kemandulan sehingga tidak bisa mempunyai anak. bahkan untuk memproduksi spermapun tidak akan bisa.

Pengobatan Benjolan Varikokel Pada Bayi. Pada sebagian besar kasus, penyakit ini tidak menimbulkan gejala. Namun, dalam jangka waktu yang lama apabila tidak segera diatasi akan menimbulkan gangguan dan mempengaruhi organ reproduksi bagian lain. Cara pertama bisa dengan melakukan embolisasi, yaitu dengan cara memasukan selang buatan berukuran mikro yang disertai perangkat X-rey kedalam pembuluh vena. Hal ini untuk mengetahui area yang terjadi kerusakan,  jika sudah ditemukan maka isi cairan (darah yang mengendap tadi) bisa disalurkan dan dibuang melalui selang mikro tadi. Selain itu dengan memasukan alat dan cairan khusus yang bentuknya seperti gulungan mampu menghalangi darah masuk ke pembuliuh dara vena yang rusak dan kedepannya, Benjolan Varikokel Pada Bayi bisa sembuh.