Ciri-ciri Benjolan Penyakit Kista Pada Wanita

Ciri-Ciri Benjolan Penyakit Kista - Benjolan.com,- Penyakit kista merupakan penyakit tumor jinak, bisa menyerang siapa saja. Orang yang memiliki penyakit kista umumnya memiliki benjolan, meskipun tidak semua benjolan dalam tubuh kita tidak disebabkan oleh kista. Ada beberapa tanda dari benjolan Penyakit Kista yang bisa diamati sesuai dengan jenisnya. kista sendiri ada dua jenis, yaitu kista non-neoplastik dan kista neoplastik. Umumnya kista bisa sembuh dengan sendirinya seiring berjalan waktu. Umumnya kista dialami oleh orang yang berusia dibawah 40 tahun. Pada wanita, mengidap benjolan akibat tidak teraturnya menstruasi akan sangat tinggi, usahakan menajalani pola hidup yang sehat.

ciri-ciri benjolan penyakit kista

Ciri-Ciri Benjolan Penyakit Kista Yang Harus Diwaspadai

Ciri-Ciri Benjolan Penyakit Kista. Benjolan yang ditimbulkan pada kista berbeda antara satu dengan yang lainnya, perbedaan ini dipengaruhi oleh jenis penyakitnya. Namun secara umum kista memiliki benjolan tidak besar dan tidak membuat sakit. Ukurannya yang kecil membuat mudah untuk sembuh, dan jika ukurannya membesar perlu dilakukan operasi pengangkatan agar cairan yang didalamnya tidak pecah sembarangan dan menginfeksi organ yang lain. Jika terjadi benjolan jangan terus di pencet atau digerak-gerak, sebab nantinya akan membuat benjolan semakin membesar, lebih parahnya bisa pecah didalam kulit.

Ciri-ciri benjolan penyakit kista yang kedua tidak terasa sakit. Karena kista disebabkan oleh kelebihan fungsional kerja tubuh dalam memproduksi atau melakukan zat kimia (katalis) maka tidak akan menyebabkan rasa sakit. Sebab benjolan yang timbul  hanya berisi cairan dan bukannya sel abnormal yang terus tumbuh menggergoti bagian yang sehat sama seperti di benjolan tumor kanker. Jika ditekan maka akan bergeser sedikit. Teksturnya lembek seperti balon yang ada airnya. Bahkan pada sebagian kasus isi cairannya dapat dilihat dengan jelas.

Ciri-Ciri Benjolan Penyakit Kista yang ketiga tidak mempengaruhi sistem kerja tubuh yang lain. Berbeda dengan kanker, benjolan kista tidak menghambat ataupun membuat malfungsi organ lain, jika tumbuh pada bagian leher maka hanya masalah penampilannya saja yang berubah, pita suara tidak akan hilang dan urat sarafun tidak terganggu.

Faktor penyebab benjolan pada kista. Ada beberapa penyebab yang dapat timbul karena kista, diantara adalah infeksi jamur, bakteri atau  virus dan penyakit rutin akibat tubuh melakukan seuatu pekerjaan yang tidak biasa, seperti dalam menstruasi, otomatis wanita akan mengalami sebuah kista dalam bagian dinding rahim sebagai akibat tingginya produksi hormon waktu itu, kista ini bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan masa menstruasi beres. Begitupun pada kejadian  yang lainnya.

Jika muncul ciri-ciri benjolan penyakit kista seperti diatas cara sederhana untuk mengatasinya adalah dengan sering makan makanan sehat seperti sayuran yang dimasak tidak sampai layu. Jika benjolannya ada pada bagian luar tubuh bisa dikompress dengan air hangat. Cara ini akan sangat mempercepat dalam mengecilkan ukuran kista. Air hangat tadi bisa ditambah dengan obat lain seperti air rebusan daun sirih, dan antibiotik untuk mensiterilkan dari berbagai jamur dan bakteri penyebab kista.